Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dasar, khususnya di daerah tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak program Kampus Mengajar Angkatan 8 terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa di SD Negeri 65 Kompang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru. Hasil menunjukkan bahwa program yang dilaksanakan selama September hingga Desember 2024 ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa. Hal ini terlihat dari hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kelas 5 yang menunjukkan peningkatan skor dari 35% (pre-test) menjadi 71% (post-test). Program kerja numerasi yang diterapkan meliputi permainan edukatif seperti ular tangga numerasi, spinner numerasi, petualangan numerasi, dan engklek berbasis numerasi. Kegiatan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga meningkatkan minat dan pemahaman matematika siswa. Disimpulkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam program ini berperan penting dalam menciptakan pembelajaran kontekstual dan inovatif. Diharapkan program serupa dapat diadopsi secara berkelanjutan oleh pihak sekolah guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di masa depan.
Copyrights © 2025