Rendahnya hasil belajar merupakan masalah utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen desain one grup pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 23 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tentang kaimat efektif. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest. Analisis data menggunakan SPSS Statistics versi 23. Data diuji dengan uji-t (Paired Sample t Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t (paired sample t test) diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 dari hasil tersebut diambil keputusan Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam.
Copyrights © 2024