Jurnal Metrum
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Metrum

PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUNDENGKOTA SUBULUSSALAM

Oriza Satyfa (Unknown)
Suci Fitriani (Unknown)
Hasniyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Rendahnya  hasil belajar merupakan masalah utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap hasil belajar bahasa Indonesia  siswa kelas IV SD Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen desain one grup pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 23 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tentang kaimat efektif. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest. Analisis data menggunakan SPSS Statistics versi 23. Data diuji dengan uji-t (Paired Sample t Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t  (paired sample t test) diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 dari hasil tersebut diambil keputusan  Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 2 Rundeng Kota Subulussalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMKM

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Metrum merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh PT Metrum Karya Mandiri. Jurnal ini memuat artikel bidang humaniora, linguistik, sastra, agama, hukum, dan pendidikan. Terbit perdana pada Desember 2023 dengan frekuensi 2 kali dan setahun dengan periode penerbitan Juni dan Desember. Jurnal ...