Intan Nuraini Suti, 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Geniuscard Berbasis Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Jenis-Jenis Gaya di Kelas IV SDN 9 Kabila. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, S.Pd., M.Pd., MCE dan pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd., M.Pd., MCE. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran Geniuscard yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS materi jenis-jenis gaya di kelas IV SDN 9 Kabila. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan media pembelajaran Geniuscard yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS materi jenis-jenis gaya di kelas IV SDN 9 Kabila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yaitu, analysis, design, development, implementation, evaluation. Untuk menguji kelayakan media Geniuscard dilakukan validasi kepada tim ahli. Berdasarkan validasi oleh para ahli dan pengguna, media Geniuscard memperoleh hasil rekapitulasi nilai rata-rata presentase 95,4% dan dinyatakan sangat layak digunakan oleh guru dan siswa di sekolah dasar. Dalam uji kepraktisan media Geniuscard, peneliti menggunakan instrument lembar observasi guru dengan presentase kepraktisan penggunaan media Geniuscard dalam pembelajaran mencapai 97,5%, yang termasuk kedalam kategori sangat praktis. Dalam keefektifan media Geniuscard pada saat penerapan media di kelas IV SDN 9 Kabila, guru membagikan soal pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan media. Total nilai pretest adalah 720, sedangkan total nilai posttest mencapai 1454. Perhitungan N-Gain menunjukan nilai sebesar 0,67 yang termasuk dalam ketegori “Sedang”. Dengan hasil rekapitulasi ini maka dapat dinyatakan bahwa media Geniuscard sangat efektif digunakan di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024