Istivani Yusuf. 2025. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Materi Magnet Kelas V SDN 9 Limboto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd., M.Pd., MCE dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd., M.Pd., MCE. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh model PBL berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS?” Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah “untuk mendeskripsikan adanya pengaruh model PBL berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi magnet kelas V SDN 9 Limboto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre experimental design dengan rancangan One-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V, sampel yaitu 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 53 sedangkan post-test sebesar 81. Jika dibandingkan nilai rata-rata pre-test dan post-test maka nilai rata-rata post test lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test. Hasil pengujian hipotesis thitung = 5.176 > ttabel = 1.729. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi magnet kelas V SDN 9 Limboto.
Copyrights © 2024