Jambura Elementary Education Journal
Vol 5 No 2 (2024): VOLUME 5 NOMOR 2, DESEMBER TAHUN 2024

Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Materi Magnet Kelas V SDN 9 Limboto

Yusuf, Istivani (Unknown)
Abdul Haris Panai (Unknown)
Rifda Mardian Arif (Unknown)
Irvin Novita Arifin (Unknown)
Gamar Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Istivani Yusuf. 2025. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Materi Magnet Kelas V SDN 9 Limboto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd., M.Pd., MCE dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd., M.Pd., MCE. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh model PBL berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS?” Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah “untuk mendeskripsikan adanya pengaruh model PBL berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi magnet kelas V SDN 9 Limboto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre experimental design dengan rancangan One-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V, sampel yaitu 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 53 sedangkan post-test sebesar 81. Jika dibandingkan nilai rata-rata pre-test dan post-test maka nilai rata-rata post test lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test. Hasil pengujian hipotesis thitung = 5.176 > ttabel = 1.729. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi magnet kelas V SDN 9 Limboto.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...