Pendidikan karakter religius menghadapi kendala pada praktiknya di sekolah. Pendidikan karakter menjadi slogan yang disampaikan oleh kepala sekolah dan guru-guru. Namun, karakter tersebut ada pada peserta didik tertentu, tidak semua peserta didik menghayati dan mengamalkannya dalam keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembentukan karakter religius melalui program Golden Habit Activities. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, kemudian dilakukan dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan karakter religius di sekolah dibentuk melalui pembiasaan dengan program Golden Habit Activities yang terintegrasi dalam kurikulum intrakulikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Siklus pelaksanaan pembiasaan dilakukan dengan kesadaran akan urgensi, pengendalian dan pelaksanaan, perubahan perilaku, pembiasaan dan keteladanan, pengetahuan nilai, dan peningkatan kognitif dan karakter. Pembiasaan aktivitas yang diprogramkan berdampak pada lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
Copyrights © 2024