Damhil Education Journal
Vol 5, No 1 (2025)

TINGKAT PEMAHAMAN AQIDAH ISLAM MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Rosnadi, Rosnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Aqidah merupakan fondasi utama dalam ajaran Islam yang memengaruhi perilaku dan kepribadian seorang Muslim. Bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), pemahaman aqidah sangat penting karena mereka berperan dalam membentuk karakter religius generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman aqidah Islam mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui penyebaran angket secara daring kepada mahasiswa. Indikator pengukuran mencakup pemahaman terhadap konsep aqidah, rukun iman, tingkatan iman, dan sumber aqidah. Data dianalisis menggunakan rata-rata skor dan diklasifikasikan dalam tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek yang diukur memiliki skor rata-rata di atas 80, yang berarti tingkat pemahaman aqidah mahasiswa berada dalam kategori tinggi. Mahasiswa menunjukkan pemahaman konseptual yang kuat serta mampu menginternalisasi nilai-nilai aqidah dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan aqidah di perguruan tinggi, khususnya di program kependidikan, berperan penting dalam membangun dasar moral dan spiritual calon pendidik. Dengan demikian, penguatan aspek aqidah perlu terus dikembangkan dalam kurikulum pendidikan guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...