Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 10 No 2 (2025): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Peningkatan Pembelajaran Digital Kolaboratif pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Yayasan Bina Cendikia Utama Cirebon

Fadlillah, Ahmad Fajar (Unknown)
Kurniawan, Deni (Unknown)
Arifin, Zainal (Unknown)
Amelia, Della (Unknown)
Murthi, P. Indra (Unknown)
Hanifa, Azrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Dalam era digital saat ini, integrasi teknologi dalam proses pembelajaran menjadi kebutuhan mendesak, terutama dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan pada fleksibilitas dan kolaborasi. Yayasan Bina Cendikia Utama Cirebon sebagai mitra pengabdian menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan guru untuk memanfaatkan teknologi digital secara optimal dalam pembelajaran. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru di yayasaan tersebut dalam menggunakan platform digital kolaboratif, seperti Google Docs dan Google Slides, guna mendukung pembelajaran berbasis proyek dan kolaborasi siswa. Metode pengabdian yang digunakan meliputi pelatihan intensif, pendampingan teknis, serta evaluasi berbasis praktik. Para guru dilatih untuk menggunakan alat digital secara efektif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kolaboratif di kelas. Pelatihan ini diikuti oleh 30 guru dari berbagai jenjang pendidikan di yayasan tersebut. Selain sesi teori, para peserta juga terlibat dalam simulasi langsung dan diskusi kelompok untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai penerapan teknologi digital dalam konteks Kurikulum Merdeka. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan para guru menggunakan alat kolaboratif digital. Mereka berhasil mengaplikasikan keterampilan ini dalam pembelajaran sehari-hari, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, berpusat pada siswa, dan mendukung kolaborasi antar siswa. Dampak positif ini tidak hanya dirasakan oleh para guru, tetapi juga oleh siswa yang lebih terlibat aktif dalam proses belajar. In today's digital era, the integration of technology into the learning process has become an urgent necessity, especially in supporting the implementation of the Merdeka Curriculum, which emphasizes flexibility and collaboration. Yayasan Bina Cendikia Utama Cirebon, as a community service partner, faces challenges in developing teachers' skills to optimally utilize digital technology in teaching. Therefore, this community service program aims to enhance the teachers' ability at the foundation to use collaborative digital platforms such as Google Docs and Google Slides to support project-based learning and student collaboration. The community service methods used include intensive training, technical assistance, and practice-based evaluation. The teachers were trained to effectively use digital tools in planning and implementing collaborative learning in the classroom. This training was attended by 30 teachers from various educational levels at the foundation. In addition to theoretical sessions, participants engaged in hands-on simulations and group discussions to deepen their understanding of digital technology implementation within the context of the Merdeka Curriculum. The results of the service program showed a significant improvement in the teachers' ability to use collaborative digital tools. They successfully applied these skills in their daily teaching, creating a more interactive, student-centered learning environment that fosters collaboration among students. This positive impact was felt not only by the teachers but also by the students, who became more actively engaged in the learning process.

Copyrights © 2025