Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Canva terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 13 Medan. Menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis regresi linear sederhana diterapkan untuk mengukur hubungan antara media pembelajaran Canva (X) dan motivasi belajar siswa (Y). Kuesioner yang terdiri dari 18 pernyataan disusun berdasarkan pedoman Arikunto (2014) dan diambil dari total populasi 31 siswa dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Canva memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 dan korelasi R = 0,671. Koefisien regresi sebesar 0,74 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam penggunaan media ini meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,74. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,431 menunjukkan bahwa 43,1% variasi motivasi belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan media tersebut. Temuan ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi siswa.
Copyrights © 2025