Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha
Vol. 6 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha

RESOLUSI KONFLIK PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH BANGUNAN DI DESA TAMBLANG KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG PROVINSI BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Tarigan, Evlyn Lestari Br (Unknown)
Sendratari, Luh Putu (Unknown)
Fitri Noviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) alasan perempuan di Desa Tamblang menjadi buruh bangunan, (2) resolusi konflik yang dipilih oleh perempuan buruh bangunan di Desa Tamblang dalam menjalankan peran gendernya serta aspek peran ganda perempuan buruh bangunan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Tamblang (3) potensinya sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data milik Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data penarikan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber sama triangulasi metode. Adapun dari hasil penelitian ini adalah 1)alasan perempuan buruh bangunan desa tamblang melakukan peran ganda yaitu karena ekonomi yang tidak memadai, sebagai tulang punggung keluarga dan pendidikan yang tidak mendukung untuk bekerja di sektor formal. 2) resolusi konflik yang dipilih perempuan buruh bangunan berdasarkan teori Ralf Dahendorf adalah konsiliasi yaitu pihak yang berkonflik melakukan diskusi dan berdebat secara terbuka tanpa ada pihak yang menguasi pembicaraan. 3) Resolusi konflik peran ganda perempuan buruh bangunan Di Desa Tamblang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA pada materi konflik di kelas XI sesuai dengan kurikulum merdeka dengan ATP (Alur dan Tujuan Pembelajaran) pada unit 11.4: menganalisis terjadinya konflik di masyarakat dari perspektif sosiologi serta merancang upaya penyelesaian konflik di masyarakat. Dalam TP ( Tujuan Pembelajaran): mampu memahami resolusi konflik. Melalui materi ini membantu peserta didik untuk lebih kritis terhadap fenomena-fenomena sosial yang ada di sekitarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPSU

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi . Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang sosiologi yang secara khusus difokuskan ke tema-tema terkait ...