Journal of Character and Elementary Education
Vol 4 No 3 (2025): Vol. 4 No. 3 September 2025

Peran Perkembangan Kognitif Dalam Kemampuan Belajar Anak Sekolah Dasar

Damayanti, Nola Fitria (Unknown)
Bella, Ainun Salsa (Unknown)
Darmiyati, Darmiyati (Unknown)
Ridhaningtyas, Latifa Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan kemampuan belajar peserta didik di jenjang Sekolah Dasar. Anak dengan perkembangan kognitif yang belum optimal cenderung mengalami kesulitan dalam memahami instruksi, mengingat informasi, menyelesaikan tugas, dan berinteraksi secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara perkembangan kognitif dan kemampuan belajar peserta didik, serta merumuskan implikasi pembelajaran berdasarkan tahap kognitif anak. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang dilakukan terhadap dua peserta didik kelas 2 SDN Teluk Tiram 2. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan perkembangan kognitif berdampak pada rendahnya motivasi, kurangnya pemahaman konsep, dan ketergantungan belajar. Sebaliknya, peserta didik dengan kognisi yang lebih berkembang menunjukkan kemandirian dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan strategi pembelajaran berbasis multisensori dan pendekatan konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan berpikir anak, serta pentingnya dukungan keluarga dalam menunjang keberhasilan belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jocee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup JOCEE adalah penelitian dan aplikasinya di bidang Pendidikan Karakter dan Pendidikan Dasar dengan jabaran sebagai berikut: Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pedagogi Pendidikan IPS di Sekolah Dasar Pendidikan IPA di Sekolah Dasar Pendidikan PKn di Sekolah Dasar Pendidikan Bahasa ...