Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 3 (Juli 2025)

Analisis Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam Pendidikan Dasar

Fitriyani, Fitriyani (Unknown)
Asfiana, Asfiana (Unknown)
Selvia, Novi (Unknown)
Shaleh, Shaleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Pendidikan dasar sangat penting untuk membangun pengetahuan dan keterampilan siswa yang akan mempengaruhi keberhasilan mereka di masa depan. Pada tahap ini, siswa dikenalkan dengan berbagai jenis pembelajaran yang meningkatkan sikap, karakter, dan keterampilan sosial mereka selain pembelajaran akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar di sebuah sekolah dasar di Banda Aceh. PAN menekankan pada pemenuhan standar normatif dalam kurikulum dan evaluasi pendidikan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus yang mengandalkan wawancara dengan guru dan kepala sekolah kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAN memberikan struktur yang jelas untuk proses pembelajaran, tetapi masalah utamanya adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan lokal dan keterbatasan sumber daya. Namun, penerapan PAN memungkinkan evaluasi yang objektif dan meningkatkan kesetaraan kesempatan belajar bagi semua siswa. Oleh karena itu, penting untuk terus mengembangkan pendekatan ini sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi lokal dan membutuhkan dukungan dari peneliti. Penelitian ini menemukan bahwa PAN dapat meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan membuat sistem pendidikan yang lebih adil dan inklusif dengan pengelolaan yang baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...