Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5 No 1 (2025): Alifbata

Implementasi Pendidikan Karakter Siswa melalui Sikap Tanggung Jawab di Jogja Green School

handhayani, suci (Unknown)
Puspitaningrum, Mareeta Nara (Unknown)
Fayuda, Zulfanur (Unknown)
Aji, Dimas Raskian (Unknown)
Mustafiahe, Imamatul (Unknown)
Muhtarom, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2025

Abstract

Dunia Pendidikan merupakan tempat untuk mendapatkan edukasi yang bermanfaat bagi setiap siswa, salah satunya yaitu edukasi tentang implementasi karakter tanggung jawab bagi setiap siswa. Sehingga membentuk pribadi siswa yang memiliki nilai-nilai moral dan sosial yang baik. Penerapan sikap tanggung jawab dimulai sejak usia dini merupakan tindakan yang memiliki pengaruh yang tinggi dan Tindakan yang benar dalam sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi karakter sikap tanggung jawab yang ada di Jogja Green School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jogja Green School menerapkan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan, seperti pembelajaran berbasis proyek, pengelolaan lingkungan, dan pembiasaan kegiatan sosial yang melibatkan tanggung jawab. Program-program ini membantu siswa untuk memahami dan mempraktikkan sikap tanggung jawab baik dalam kehidupan pribadi, sosial, maupun akademik. Secara keseluruhan, implementasi pendidikan karakter melalui sikap tanggung jawab di Jogja Green School memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter siswa, dan memperkuat nilai-nilai sosial dalam lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alifbata

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal AlifBata focuses on a critical study of primary education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level / Madrasah. Additionally, focus of study examines the development of basic education issues. The scope includes; Learning (Mathematics, Science, Social Studies, ...