Ihtirom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 1 (2025): Ihtirom Edisi April 2025

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Rian Maulana Yusup (Unknown)
Ahmad Syaeful Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka, terdapat beberapa tantangan signifikan, termasuk kurangnya pemahaman guru terhadap prinsip-prinsip kurikulum, keterbatasan fasilitas, dan kebutuhan akan pelatihan yang lebih intensif. Di sisi lain, peluang yang muncul dari implementasi kurikulum ini mencakup peningkatan kreativitas peserta didik dan pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah dan pemerintah untuk mengatasi kendala-kendala tersebut agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan optimal dan memberikan dampak positif bagi pendidikan Bahasa Indonesia di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihtirom

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam memfokuskan pada kajian teoritis dan empiris dalam bidang manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan temuan penelitian terkait ...