JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2025): JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Analisis Penambahan Oil Cooler Terhadap Suhu Mesin Pada Sepeda Motor 4 Langkah (115 CC)

Saputra, Doni (Unknown)
Martias (Unknown)
Arif, Ahmad (Unknown)
Sugiarto, Toto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Suhu mesin yang tinggi pada sepeda motor sangat memengaruhi performa dan umur komponen, terutama piston dan dinding silinder. Sistem pendinginan oli yang kurang optimal dapat menyebabkan temperatur oli meningkat dan berisiko menimbulkan overheating. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan oil cooler terhadap suhu mesin pada sepeda motor 4 langkah 115 cc. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan membandingkan suhu mesin sebelum dan sesudah pemasangan oil cooler. Pengukuran dilakukan dalam kondisi operasional yang sama untuk mengetahui efektivitas oil cooler dalam menurunkan suhu mesin pada setiap tingkat putaran. Persentase penurunan suhu tercatat sebesar 2,43% pada 3500 rpm, 1,67% pada 4500 rpm, dan 1,08% pada 7000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan oil cooler mampu menurunkan suhu oli mesin secara signifikan. Dengan suhu yang lebih stabil, risiko keausan komponen mesin dapat diminimalisir dan performa mesin tetap optimal. Kesimpulannya, oil cooler efektif digunakan sebagai sistem pendinginan tambahan pada sepeda motor 4 langkah 115 cc. High engine temperatures on motorcycles greatly affect the performance and lifespan of components, especially pistons and cylinder walls. A less than optimal oil cooling system can cause oil temperatures to increase and risk overheating. This study aims to analyze the effect of adding an oil cooler on engine temperature on a 4-stroke 115 cc motorcycle. The method used is an experiment by comparing the engine temperature before and after the installation of the oil cooler. Measurements were made under the same operational conditions to determine the effectiveness of the oil cooler in reducing engine temperature at each rotation level. The percentage of temperature reduction was recorded at 2.43% at 3500 rpm, 1.67% at 4500 rpm, and 1.08% at 7000 rpm. The results showed that the addition of an oil cooler was able to significantly reduce the engine oil temperature. With a more stable temperature, the risk of engine component wear can be minimized and engine performance remains optimal. In conclusion, the oil cooler is effectively used as an additional cooling system on a 4-stroke 115 cc motorcycle.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...