Understanding by Design (UbD) adalah kerangka kerja kurikulum yang menekankan pemahaman mendalam melalui pendekatan backward design. Studi ini membahas implementasi penilaian dalam UbD, dengan fokus pada bagaimana asesmen yang autentik dan bermakna dapat mendukung penguasaan konsep oleh peserta didik. Dengan menggunakan metode kajian literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip utama, langkah-langkah perancangan penilaian, kelebihan, serta tantangan dalam penerapan UbD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dalam UbD mendorong pemikiran kritis, pembelajaran yang terdiferensiasi, serta keterlibatan aktif peserta didik melalui integrasi asesmen formatif dan sumatif sepanjang proses pembelajaran. Namun, penerapan UbD menghadapi tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan waktu, dan dominasi sistem penilaian berbasis tes standar. Untuk mengatasi hambatan ini, diperlukan pelatihan guru, kebijakan yang mendukung, serta perencanaan yang matang. Studi ini berkontribusi pada wacana akademik mengenai strategi penilaian yang efektif serta dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024