JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 10, No 2 (2024): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

UNDERSTANDING BY DESIGN: IDENTIFIKASI HASIL YANG DIINGINKAN DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sabrina, Khoirunisa Aisha (Unknown)
Fitri, Magfira Annisa (Unknown)
Nainggolan, Nadya (Unknown)
Mulyatna, Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana identifikasi  hasil yang diinginkan pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang  digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan  data dalam penelitian ini berupa tinjauan pustaka atau literature review. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penerapan Understanding by Design (UbD)  dalam pembelajaran matematika memiliki dampak positif dalam membantu  peserta didik memaknai materi yang diberikan, Dalam pengimplementasiannya,  guru dapat memberikan media pembelajaran yang inovatif untuk mendukung  keterlibatan peserta didik dan mengembangkan potensi yang telah dimilikinya. Media pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan perkembangan zaman agar  peserta didik memiliki karakteristik abad 21 sebagai upaya menghadapi  tantangan global. Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai  bapak pendidikan Indonesia mengenai kemerdekaan belajar serta kodrat alam  dan kodrat zaman. Materi yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan  kebutuhan peserta didik agar dapat mengembangkan salah keterampilan abad  21 yakni critical thinking melalui pengalaman belajar yang bermakna, sehingga  peserta didik tidak hanya menghafal tetapi memahami konsep.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...