Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana identifikasi hasil yang diinginkan pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tinjauan pustaka atau literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran matematika memiliki dampak positif dalam membantu peserta didik memaknai materi yang diberikan, Dalam pengimplementasiannya, guru dapat memberikan media pembelajaran yang inovatif untuk mendukung keterlibatan peserta didik dan mengembangkan potensi yang telah dimilikinya. Media pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan perkembangan zaman agar peserta didik memiliki karakteristik abad 21 sebagai upaya menghadapi tantangan global. Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia mengenai kemerdekaan belajar serta kodrat alam dan kodrat zaman. Materi yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik agar dapat mengembangkan salah keterampilan abad 21 yakni critical thinking melalui pengalaman belajar yang bermakna, sehingga peserta didik tidak hanya menghafal tetapi memahami konsep.
Copyrights © 2024