JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 10, No 2 (2024): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN DALAM PEMBELAJARAN

Prameswari, Balqis (Unknown)
Noviana, Rohani (Unknown)
Lingga Buana, Yunan Sari (Unknown)
Mulyatna, Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Implementasi prinsip UbD (Understanding by Design) dalam pembelajaran bertujuan sama dengan penggunaannya dalam pengembangan kurikulum, yakni untuk memastikan setiap langkah dalam pembelajaran memiliki tujuan yang jelas, terfokus pada pembentukan pemahaman mendalam, dan memungkinkan siswa menghubungkan pengetahuan yang diperoleh dengan kehidupan nyata. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah studi literatur, yang dilakukan dengan menghimpun dan menelaah sejumlah artikel yang memuat teori-teori relevan terhadap permasalahan yang dikaji. Hasil telaah terhadap berbagai sumber tersebut menunjukkan bahwa kerangka kerja Understanding by Design (UbD) telah diimplementasikan dalam konteks pembelajaran di Indonesia dan memberikan dampak positif, khususnya dalam meningkatkan pemahaman konsep, partisipasi aktif peserta didik, serta motivasi belajar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...