Peserta didik kelas X di SMA N 10 Palembang masih belum terbiasa dengan instrumen penilaian berbasis HOTS dan berbantu aplikasi That Quiz, terlihat dari 7% soal yang diberikan masih terkategori level kognitif analisis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS berbantu aplikasi That Quiz yang teruji validitas dan praktikalitasnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Borg dan Gall, dengan sampel penelitian sebanyak 15 orang peserta didik kelas X di SMA N 10 Palembang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang di analisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan terkategori sangat valid oleh para ahli materi 98,61%, bahasa sebesar 87,5%, dan ahli media sebesar 96,56%. Berdasarkan analisis butir soal diperoleh 9 soal pilihan ganda dan 2 soal uraian untuk pertemuan 1 pada materi kelangkaan dan pada Pertemuan 2 dengan materi biaya peluang diperoleh 8 soal pilihan ganda dan 2 soal uraian yang terkategori valid, reliabel serta memiliki tingkat kesulitan soal dan daya beda soal yang baik. Selain itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan terkategori praktis sebesar 72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis HOTS berbantu aplikasi That Quiz teruji valid dan praktis untuk digunakan dalam pengukuran efektifitas instrumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025