WIDYANTARA
Vol 3 No 1 (2025)

Eksplorasi Potensi Cerita Digital sebagai Media Pembelajaran Berbasis Karakter Mandiri

Sopiana, Nila (Unknown)
Saputri, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Cerita digital merupakan salah satu bentuk media interaktif yang berisi cerita-cerita pendek yang mengandung nilai-nilai karakter, menarik dan tentunya mudah diakses. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif dalam membangun karakter siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi potensi cerita digital sebagai media pembelajaran dalam membangun dan membentuk karakter mandiri pada siswa. Karakter mandiri merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan yang menuntut siswa untuk mengambil keputusan, bertanggung jawab dan inisiatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, pencatatan dan dokumentsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 1 Perampuan, dan guru sebagai narsumber. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menununjukkan bahwa media pembelajaran cerita digital berbasis pendidikan karakter mandiri merupakan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif persentasenya 98% terlaksana, membuktikan bahwa cerita digital berbasis karakter mandiri berpotensi mengintegrasikan karakter mandiri pada siswa serta memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep nilai karakter mandiri. The selection of appropriate learning media determines the success in shaping student character. This study aims to describe the potential implementation of digital stories as a learning media in building and shaping independent character in students. Independent character is considered important because it includes the ability of students to make decisions, take responsibility, and take initiative independently. This study used a qualitative approach with data collection through observation and interviews. The research subjects consisted of 22 fourth grade students of SD Negeri 1 Perampuan. Data were analyzed systematically through the stages of reduction, presentation, and verification. The results showed that the use of digital stories based on independent character was effective and innovative, with the implementation rate reaching 98%. Digital stories provide space for students to experience and understand the value of independent character more thoroughly and meaningfully in the learning process.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

widyantara

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WIDYANTARA encourages submissions that incorporate theories and methodologies from all traditions of linguistics and language study to explore any aspect of education. Areas of study at the intersection of linguistics and education include, but are not limited to: sociolinguistics, discourse ...