Suska Journal of Mathematics Education
Vol 11, No 1 (2025)

Pengembangan Instrumen Diagnostik Berformat Four-Tier Multiple Choice pada Materi Operasi Aljabar

Naja, Afina Fidaroin (Unknown)
Utami, Mutiara Arlisyah Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik berformat four tier multiple choice pada materi operasi aljabar kelas VII SMP/MTs yang layak, praktis dan juga dapat mengetahui konsepsi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Almaarif 01 Singosari  dengan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Tahapan pelaksanaan penelitian melalui delapan tahapan, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil dengan melibatkan 6 peserta didik kelas VII A, revisi produk dan uji pemakaian dengan melibatkan 35 peserta didik kelas VII B. Hasil dari penelitian adalah diperolehnya 13 butir soal yang layak dan praktis. Hasil uji kelayakan dari validasi ahli instrumen, materi dan validator praktisi masing-masing sebesar 85%, 81 % dan 95% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil uji kepraktisan, hasil rata-rata angket respons peserta didik sebesar 80,75% dengan kategori praktis. Hasil tes diagnostik pada uji coba pemakaian diperoleh persentase peserta didik yang paham konsep sebesar 42%, tidak paham konsep sebesar 33%, miskonsepsi sebesar 20% dan error sebesar 5%. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes diagnostik berformat four tier multiple choice pada materi operasi aljabar kelas VII SMP/MTs layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat mengetahui konsepsi peserta didik.

Copyrights © 2025