Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap Penelolaan keuangan mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, (2) mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, (3) mengetahui pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 76 orang dengan sampel penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar berjumlah 52 Orang, Pendidikan Ekonomi berjumlah 14 Orang dan Bimbingan Konseling berjumlah 10 Orang. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linearberganda Literas Keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan Keuangan karena nilai signifikansi 0,086 > 0,05 sedangkan gaya hidup tidak memiliki pengaruh terhadap Penelolaan Keuangan secara simultan dengan nilai signifikansi 0,584 > 0,05. Berdasarkan hasil secara simultan Literasi Keuangan dan Gaya Hidup tidak memiliki pengaruh terhadap Pengelolaan Keuangan secara simultan dengan nilai signifikan 0,140 > 0,05 Kemudian, berdasarkan hasil determinasi (R2) Literasi Keuangan dan Gaya Hidup tidak berpengaruh terhadap Penelolaan Keuangan.
Copyrights © 2025