Experiment: Journal of Science Education
Vol 4, No 2 (2024)

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA

Fitriyah, Laila Nor (Unknown)
Wakhidah, Nur (Unknown)
Arum, Wahyuni Fajar (Unknown)
Jariyah, Ita Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP pada pembelajaran IPA, khususnya pada materi zat dan perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan responden sebanyak 28 siswa kelas VII I SMP Negeri 3 Waru tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian berupa tes uraian dengan lima soal yang dirancang sesuai empat indikator kemampuan berpikir kreatif: kelancaran, keluwesan, keaslian, dan kerincian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 36,32, yang termasuk dalam kategori "kurang." Sebanyak 93% siswa memperoleh skor di bawah 60, menandakan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang rendah. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan pembelajaran berbasis kreativitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, yang berperan penting dalam menghasilkan ide-ide baru dan pemecahan masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

experiment

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Experiment: Journal of Science Education published twice a year since March 2021. This journal is published by Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of early childhood education to publish ...