Mahasiswa yang merantau untuk mengenyam pendidikan jauh dari daerah asal kerap menghadapi tantangan dan tekanan tersendiri. Tantangan tersebut bukan hanya di ranah akademik, akan tetapi juga kewajiban mereka untuk menuntaskan segala keperluannya secara mandiri. Kondisi ini dapat memengaruhi kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau. Tidak jarang dampak dari tekanan psikologis yang dialami mahasiswa rantau ini diberitakan di media maupun studi-studi ilmiah. Meskipun hal ini merupakan fenomena yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, namun pendalaman mengenai dinamika kesejahteraan psikologis mahasiswa perantau secara kualitatif masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gambaran kesejahteraan psikologis mahasiswa rantau berdasarkan enam dimensi: penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan dalam hidup, dan pertumbuhan diri. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara. Sebanyak empat orang informan mahasiswa rantau tingkat sarjana dari perguruan tinggi di Jawa Barat terpilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menjabarkan tema-tema spesifik yang ditemukan dari pernyataan-pernyataan responden. Beberapa tema penting tersebut diantaranya: penerimaan diri akan kekurangan dan kelebihan dalam beradaptasi serta tidak membandingkan keadaan secara materil menunjukkan penerimaan diri mahasiswa rantau, komunikasi sebagai aspek penting dalam menjalin hubungan baik di perantauan, menentukan keputusan sendiri tanpa mengesampingkan pandangan orang lain menunjukkan otonomi, pengendalian diri dalam mengontrol banyaknya aktivitas sebagai bentuk penguasaan lingkungan, menjalin relasi di perantauan untuk menentukan karir masa depan, dan tantangan ataupun pengalaman baru di rantau dapat mendorong perkembangan diri. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang dapat berperan pada dimensi tertentu dari kesejahteraan psikologis mahasiswa rantau.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025