Era Society 5.0 menghadirkan paradigma baru dalam dunia pendidikan, di mana teknologi canggih dan inovasi berbasis manusia membentuk lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif. Maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik dan etika profesi guru yang diperlukan dalam era Society 5.0. Metode penelitian adalah library research, mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, serta dokumen lainnya yang berkaitan dengan kata kunci “etika profesi guru” Kompetensi guru Era Society 5.0”. Selanjutnya klasifikasi dan analisis isi dari data yang diperoleh, serta penarikan kesimpulan dari hasil sintesis berbagai sumber yang telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di era Society 5.0 harus memiliki literasi digital, kemampuan beradaptasi, kreativitas, berpikir kritis, dan pengetahuan interdisipliner. Mereka diharapkan mampu mengintegrasikan, big data, dan Internet of Things (IoT) dalam proses pembelajaran dengan tetap mempertahankan pendekatan yang berpusat pada manusia. Karena peran guru dalam era Society 5.0 tidak hanya terbatas pada pengajaran, tetapi juga mencakup mentoring dan pembinaan etika. Untuk mencapai hal ini, diperlukan pengembangan profesional berkelanjutan, pelatihan etika, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi. Dengan menggabungkan inovasi dan prinsip etika, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang holistik serta mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan dunia modern.
Copyrights © 2025