Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran khususnya media audio visual yang akan menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang lebih dikenal dengan istilah Research & Development (R&D). Kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Prosedur penelitian yang digunakan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai analisis data mengenai pengujian media pembelajaran berbasis audio visual yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa: Tahap pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Media pembelajaran berbasis audio visual telah memenuhi kriteria validitas dengan memperoleh skor rata-rata dari seluruh aspek penilaian validator yaitu 3,65 yang berada pada kategori sangat valid setelah direvisi sebanyak dua kali, sehingga layak digunakan berdasarkan penilaian ahli. Media pembelajaran berbasis audio visual telah memenuhi kategori praktis karena lebih dari 80% peserta didik memberikan respon positif. Lembar observasi guru juga menunjukkan hasil positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025