eProceedings of Management
Vol. 12 No. 3 (2025): Juni 2025

Strategi Optimalisasi Manajemen Media Relations Pt Solusi Bangun Indonesia (Sbi) Pabrik Narogong Pada Jurnalis Bogor

Wardaningtyas, Cindy (Unknown)
Abdurrahman, Muhammad Sufyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong adalah penyedia semen terkemuka yang terus berkembangsejak diakuisisi oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - SIG. Strategi media relations yang efektif telah memperkuatcitra positif perusahaan melalui publikasi inovasi produk, program CSR, dan komitmen terhadap pembangunanberkelanjutan.Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi SBI dalam mengelola relasi media untuk mempertahankan citra positifdi kalangan jurnalis Bogor, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara,dokumentasi, dan observasi. Berpedoman pada teori Ledingham & Bruning (1998), penelitian ini menyoroti limaaspek hubungan: kepercayaan, keterbukaan, keterlibatan, komitmen, dan investasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate communications berperan aktif dalam menjaga citra perusahaanmelalui kepercayaan (informasi valid), keterbukaan (keseimbangan data), keterlibatan (acara media), dan komitmen(etika komunikasi). Namun, unsur investasi tidak ditemukan karena hubungan bersifat kerjasama tanpa investasilangsung. Secara keseluruhan, strategi ini efektif dan perlu terus ditingkatkan untuk memperkuat hubungan jangkapanjang dengan media.Kata Kunci: Citra Perusahaan, Corporate Communications, Media Relations, Relationship Management.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...