Jurnal Abdimas Maduma
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli 2025

Membangun Kreativitas Melalui Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Matematika yang Efektif dan Menyenangkan Di SD

Panggabean, Elis Mardiana (Unknown)
Silalahi, Taruli Marito (Unknown)
Nanda Ayu Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, karena metode pengajaran yang monoton dan kurang melibatkan kreativitas guru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menciptakan pembelajaran matematika yang efektif dan menyenangkan melalui pendekatan kreatif. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, pendampingan langsung, serta praktik pengembangan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan wawancara, yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam merancang model pembelajaran inovatif serta media pembelajaran sederhana yang relevan dan menarik bagi siswa. Suasana kelas menjadi lebih interaktif dan siswa tampak lebih antusias mengikuti pembelajaran. Kesimpulannya, pendampingan ini efektif dalam meningkatkan kreativitas guru serta mendorong terciptanya pembelajaran matematika yang lebih kontekstual, menyenangkan, dan bermakna di sekolah dasar. Kata Kunci : kreativitas guru: pembelajaran matematika; sekolah dasar; media pembelajaran; pendampingan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecdj

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Abdimas MADUMA (JAM) adalah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh ELTA merupakan jurnal pengembangan dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi ...