COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 3 (2025)

Penguatan profil pelajar pancasila kelas 1 “aku cinta pancasila” melalui pendekatan project based learning berbasis media ular tangga digital

Tirtoni, Feri (Unknown)
Fradana, Ahmad Nurefendi (Unknown)
Nuroh, Ermawati Zulikhatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk memperkuat profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar melalui pendekatan Project Based Learning (PjBL) berbasis media ular tangga digital. Fokus penelitian ini adalah pada tema “Aku Cinta Pancasila” yang dirancang untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini secara kreatif dan interaktif. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain studi kasus dengan melibatkan siswa kelas 1 SDN Sidokare 1. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan PjBL berbasis media ular tangga digital dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, cinta tanah air, dan toleransi. Aktivitas pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa untuk berkolaborasi, berpikir kritis, dan menyelesaikan tugas dengan kreatif melalui media digital yang menarik. Selain itu, penggunaan media ular tangga digital memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan relevan dengan kebutuhan anak-anak generasi digital. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan PjBL berbasis media ular tangga digital merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk memperkuat profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas 1 SD. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran digital lainnya untuk mendukung penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan dasar. Kata kunci: Profil Pelajar Pancasila, Project Based Learning, Media Ular Tangga Digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...