Jurnal Aktual Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2024): June

Meningkatkan Kemampuan Menyusun Modul Melalui Metode Latihan Terbimbing Bagi Guru MTsS KP. Beusa

Rizayanti (Unknown)
Siti Aminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) melalui pendekatan bimbingan dan pendampingan di MTsS KP. Beusa, Kabupaten Aceh Timur. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah delapan orang guru yang telah mengikuti sertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penyusunan KKM pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama, beberapa guru belum mampu melengkapi seluruh komponen KKM, seperti kompleksitas, intek siswa, dan daya dukung. Namun, melalui proses refleksi dan bimbingan, terjadi peningkatan pada siklus kedua. Persentase kelengkapan komponen daya dukung meningkat dari 62% menjadi 100%, intek siswa dari 81% menjadi 94%, dan kompleksitas dari 81% menjadi 94%. Adapun komponen intek siswa pencapaian kompleksitas meningkat dari 56% menjadi 78%. Hasil ini menunjukkan bahwa bimbingan secara berkelanjutan mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun KKM secara menyeluruh dan sesuai standar. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan serupa dalam upaya peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

api

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Aktual Pendidikan Indonesia, e-ISSN: 2964-0334 dan p-ISSN: 2964-0350 adalah jurnal akses terbuka dan gratis yang diterbitkan oleh Divisi Penelitian, Institut YPMMA, Indonesia. Penulis dapat mengirimkan naskah dalam bentuk Makalah Penelitian, Makalah Tinjauan, Artikel Informatif, Studi ...