Jurnal Aktual Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2023): December

Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Menuju Madrasah Bermutu di MTsN 9 Aceh Timur

Muhammad Yusuf (Unknown)
Jamali (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Sekolah berbasis kearifan lokal memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengenal, memahami, dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk program, pelaksanaan, dan strategi manajemen pembelajaran berbasis kearifan lokal di MTsN 9 Aceh Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek terdiri dari wakil kepala sekolah, komite sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah melaksanakan tiga fungsi manajerial utama dalam program ini, yaitu: (1) Perencanaan berbasis visi-misi sekolah dan kebutuhan lingkungan, dilakukan secara partisipatif dengan mempertimbangkan kesiapan sumber daya; (2) Pelaksanaan mencakup arahan, pembagian tugas, pembentukan tim kerja, penyediaan fasilitas, serta kolaborasi dengan masyarakat; (3) Pengawasan dilakukan untuk menilai kesesuaian pelaksanaan dengan rencana dan memperbaiki kinerja secara berkelanjutan. Dalam kepemimpinannya, kepala sekolah menerapkan gaya demokratis, otokratis, dan paternalistik sesuai situasi dan karakter guru, guna menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan mendukung budaya mutu. Strategi ini mendukung tercapainya sekolah yang berprestasi dan berkarakter lokal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

api

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Aktual Pendidikan Indonesia, e-ISSN: 2964-0334 dan p-ISSN: 2964-0350 adalah jurnal akses terbuka dan gratis yang diterbitkan oleh Divisi Penelitian, Institut YPMMA, Indonesia. Penulis dapat mengirimkan naskah dalam bentuk Makalah Penelitian, Makalah Tinjauan, Artikel Informatif, Studi ...