Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu akademik di Akademi Keuangan Perbankan Nusantara dengan dukungan penuh dari yayasan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, yang memungkinkan peneliti untuk menggali secara mendalam mengenai berbagai peran dalam manajemen pendidikan dan kontribusi yayasan terhadap pengembangan akademik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pimpinan akademi, dosen, mahasiswa, serta unit-unit pendukung lainnya, dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan yayasan yang komprehensif memainkan peran sentral dalam memastikan kelancaran operasional dan pengembangan kualitas pendidikan. Direktur, Wakil Direktur Akademik, Wakil Direktur Non-Akademik, Ketua Program Studi, dan unit akademik lainnya bekerja secara kolaboratif untuk merancang kebijakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri keuangan dan perbankan. Yayasan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan, baik dalam bentuk dana, fasilitas, pelatihan, maupun penguatan sistem manajemen mutu. Sinergi antara manajemen pendidikan dan yayasan berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kualitas pengajaran, fasilitas, serta relevansi kurikulum dengan perkembangan industri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Akademi Keuangan Perbankan Nusantara dalam meningkatkan mutu akademik tidak terlepas dari peran serta yayasan yang memberikan dukungan penuh, baik dari segi sumber daya maupun kebijakan. Temuan ini menunjukkan bahwa kolaborasi yang efektif antara manajemen pendidikan dan yayasan dapat menjadi model yang relevan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di bidang perbankan dan keuangan.
Copyrights © 2024