Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 11 No. 2 (2025)

Integrasi Ilmu Moh. Natsir dan Konsep Filsafat Ilmu Pendidikan Modern

Nur Khosiah (Unknown)
Dakkal Harahap (Unknown)
Tobroni (Unknown)
Joko Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Pada era berkemajuan ini, pendidikan adalah salah satu cara dalam memajukan generasi bangsa karena dengan pendidikan baik formal maupun nonformal akan menciptkan pemikiran yang dapat memajukan bangsa ini dalam menuju keselarasan pengetahuan dan pembelajaran agar tercipta kehidupan yang lebih baik lagi dan dapat menggapai tujuan hidup sesuai dengan ajaran Islam yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahi integrasi ilmu Muhammad Natsir dalam ilmu pengetahuan dengan prinsip konsep filsafat pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan {library Reseach.Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Muhammad Natsir lahir di Jembatan Berukir, Alahan Panjang, kabupaten Solok, Sumatera Barat, pada hari Jum’at, 17 Jumadil Akhir 1326 H atau 17 Juli 1908 M. Tanggal 6 Februari 1993, meninggal dunia usia 85 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Pemikiran M. Natsir bahwasannya konsep ilmu pengetahuan dan konsep filsafat pendidikan modern yaitu mengintegrasikan ilmu agama dan umum, membentuk individu yang memiliki keyakinan, taqwa, moralitas yang baik, kemajuan, dan kemandirian, serta memiliki keteguhan spiritual, Sikap kemandirian pada peserta didik dan pentingnya peran pendidik yang berjiwa rela berkorban.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...