Rendahnya motivasi belajar dapat menghambat proses belajar dan pencapaian prestasi. Hal ini terlihat dari fenomena rendahnya minat belajar di kalangan siswa, seperti banyaknya siswa yang tidak menyelesaikan tugas, tidak fokus saat belajar, dan mudah teralihkan perhatiannya. Rendahnya motivasi belajar ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan, tidak memiliki tujuan belajar yang jelas, metode belajar yang tidak efektif, lingkungan belajar yang tidak kondusif, dan faktor internal lainnya seperti rasa malas atau tidak percaya diri .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi pustaka dengan analisis kualitatif terhadap konsep-konsep motivasi belajar yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dalam perspektif al-Qur’an dan Hadis mendorong terhadap pencapaian ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya. Oleh karena ia merupakan kunci untuk meningkatkan derajat yang mulia di hadapan Allah SWT. Dengan demikian adanya dorongan ini memberikan wawasan baru dan strategi yang efektif bagi para pendidik dalam membimbing siswa menuju motivasi belajar yang tinggi dan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025