Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 11 No. 2 (2025)

Pola Pendidikan Karakter Berdasarkan Tartib Nuzul Al-Qur’an

Estu Dwi Saputro (Unknown)
Syamsul Hidayat (Unknown)
Hakimuddin Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap bagaimana pola pendidikan karakter dalam al-Qur’an berdasarkan urutan turunnya wahyu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalaha pendekatan historis untuk melihat sosiologis-historis masyarakat arab pada masa turunnya wahyu dan pendekatan philologis untuk melilhat struktur kebahasan dalam al-Qur’an. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pola oprasional pendidikan karakter berbasis turunnnya wahyu al-Qur’an mencakup beberapa aspek: a) pendekatan yaitu pendekatan rasional kritis, humanistik religius, fungsional, pengalaman, emosional, dan, pendekatan keteladanan. b) Metode pendidikan meliputi metode kisah, metode targhib dan tarhib, metode observasi, metode diskusi, metode keteladanan. c) Proses pendidikan meliputi ishlah al-akhlaq al-nafsiyah, ishlah al-akhlaq al-ijtima’iyah, dan ishlah al-akhlaq as-asiyasiyah. d) Bentuk evaluasi yang Allah berikan kepada hambanya melalui serangkaian ujian-ujian, adakalanya Allah bahasakan dengan fitnah, bala’ ataupun hisab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...