Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap bagaimana pola pendidikan karakter dalam al-Qur’an berdasarkan urutan turunnya wahyu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalaha pendekatan historis untuk melihat sosiologis-historis masyarakat arab pada masa turunnya wahyu dan pendekatan philologis untuk melilhat struktur kebahasan dalam al-Qur’an. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pola oprasional pendidikan karakter berbasis turunnnya wahyu al-Qur’an mencakup beberapa aspek: a) pendekatan yaitu pendekatan rasional kritis, humanistik religius, fungsional, pengalaman, emosional, dan, pendekatan keteladanan. b) Metode pendidikan meliputi metode kisah, metode targhib dan tarhib, metode observasi, metode diskusi, metode keteladanan. c) Proses pendidikan meliputi ishlah al-akhlaq al-nafsiyah, ishlah al-akhlaq al-ijtima’iyah, dan ishlah al-akhlaq as-asiyasiyah. d) Bentuk evaluasi yang Allah berikan kepada hambanya melalui serangkaian ujian-ujian, adakalanya Allah bahasakan dengan fitnah, bala’ ataupun hisab.
Copyrights © 2025