Kurikulum merdeka ialah kuriklum sebagai respon atas evaluasi kurikulum 2013 dan kurikulum darurat dan sebagai penyempurna dari kurikulum sebelumnya yang memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Indonesia tergolong negara yang sering berganti-ganti kurikulum. Tidak semua perubahan membawa proses dan hasil yang baik, oleh karena itu sebagai respon atas pergantian kurikulum ini, penelitian ini bertujuan untuk menemukan relevansi antara kurikulum merdeka sebagai kurikulum terbaru negara terhadap tujuan pendidikan islam berdasarkan Q.S. al-Qashas ayat 77. Manfaat daripenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana posisi pendidikan islam dalam kurikulum merdeka. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode studi literatur dan kualitatif dengan teknik mengumpulkan data dari buku, artikel jurnal, wawancara, dan observasi secara langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, pendidikan nasional yang memuat kurikulum di dalamnya tidak dapat terpisahkan dari pendidikan islam. Negara dengan pancasila sebagai dasar bernegara yang menempatkan sila ketuhanan dan sila kemanusiaan di dalam nya menunjukkan betapa pentingnya pendidikan islam dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu penanaman dan peningkatan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta membentuk akhlakul karimah.
Copyrights © 2025