Pengelolaan pendidikan anak usia dini harus dirancang dengan baik dan diorganisir secara interaktif dan menginspirasi, akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menantang, dan mendorong kreativitas anak. Namun pada kenyataanya terdapat beberapa masalah dalam pola pengelolaan pendidikan anak usia dini. Permasalahan pengelolaan dalam lembaga PAUD merupakan hal yang biasa ditemui, hal tersebut meliputi perencanaan hingga pengawasan di lembaga PAUD tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pada PAUD Dahlia di Kelurahan Grogol, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Paud. Subjek penelitian terdiri atas 2 responden. Yaitu 1 kepala sekolah dan 1 pendidik di PAUD Dahlia. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PAUD Dahlia mampu memberikan pendidikan yang berkualitas dan perbaikan berkelanjutan demi masa depan yang cerah bagi generasi muda dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan di lembaga tersebut.
Copyrights © 2025