Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 3 (2025): April

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Melalui Model PBL dengan Pendekatan TaRL di SD

Anggia Hasti Pristanti (Unknown)
Warli (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dimulai dari permasalahan mengenai pemahaman peserta didik terhadap mata Pelajaran Matematika, khususnya dalam materi Penyajian Data pada Tabel, yang berdampak langsung pada pencapaian hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika materi Penyajian Data pada Tabel melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas III SD Negeri Sendangharjo 4 Tuban. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 28 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari 54% pada pra siklus (kategori rendah), menjadi 68% pada siklus I (kategori cukup), dan 89% pada siklus II (kategori baik). Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 68,93 menjadi 77,50 dan 86,43. Penerapan model PBL yang dipadukan dengan pendekatan TaRL efektif meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik dalam penyajian data. Penelitian ini menunjukkan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang menyesuaikan tingkat kemampuan peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar Matematika berbasis pemecahan masalah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...