Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 4 (2025): Juli

Efektivitas ChatGPT untuk Meningkatkan Berpikir Kritis serta Argumentatif Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Debat Edukatif

Ryani Adiyanti (Unknown)
Tia Nuraliya (Unknown)
Ichsan Fauzi Rachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Penulisan ini mengeksplorasi bagaimana ChatGPT dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kemampuan argumentasi siswa sekolah menengah atas melalui debat eduktif. Metode tinjauan literatur diterapkan untuk menilai kemampuan ChatGPT sebagai alat pembelajaran yang inovatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan analisis, evaluasi, serta penyusunan argumen siswa. Teknologi ini berfungsi sebagai penunjang digital yang membantu siswa memahami keterkaitan antara pernyataan dan bukti yang mendukung, serta menambah rasa percaya diri saat berdebat. Namun, peningkatan aspek pengaturan diri tidak terlihat signifikan tanpa adanya kegiatan refleksi yang terorganisir. Dalam kesimpulannya, ChatGPT menawarkan potensi hebat sebagai alat pembelajaran, tetapi peran guru tetap sangat pengting untuk memaksimalkan pemanfaatannya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan argumentatif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...