Kemampuan komunikasi dan prosedural matematis merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran matematika yang mendukung pemahaman konsep dan penyelesaian masalah secara sistematis. Namun, kenyataannya banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam mengungkapkan ide matematis secara tertulis maupun lisan, serta lemah dalam menjalankan langkah-langkah prosedur penyelesaian soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Case Based Learning (CBL) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan prosedural matematis peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen, dan melibatkan peserta didik kelas VII di MTs Negeri Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CBL lebih mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan kontekstual, serta membantu peserta didik mengembangkan komunikasi matematis yang lebih terstruktur dan prosedural yang lebih sistematis. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model CBL dapat menjadi alternatif pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika, serta layak untuk diterapkan oleh guru dalam upaya menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada peserta didik.kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan prosedural matematis peserta didik.
Copyrights © 2025