Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan bahwa siswa kelas IV merasa bosan dengan metode pembelajaran matematika konvensional sehingga hasil belajarnya kurang optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang meliputi permainan edukatif dan turnamen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 17 siswa dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar rata-rata siswa secara signifikan. Pada tahap awal hanya 4 siswa yang tuntas, namun setelah siklus I dengan ceramah menjadi 10 siswa yang tuntas. Pada siklus II dengan model TGT jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 15 siswa dengan nilai rata-rata 84,4. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan cocok untuk diterapkan.
Copyrights © 2025