AbstrakRendahnya minat dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu masalah besar dalam pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu satuan pendidikan telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII.A di MTs Madani Alauddin Pao-pao melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 2 (PLP 2). Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik kelas VIII.A MTs Madani Alauddin Pao-pao yang berjumlah sebanyak 35 orang peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk ulangan harian. Hasil pretest menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik mencapai 46,13% dan mengamali peningkatan pada siklus ketiga dengan nilai ulangan harian sebesar 64,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik.
Copyrights © 2024