Global Journal Basic Education
Vol 4 No 1 (2025): Februari

Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Status Gizi pada Siswa Kelas Tinggi SDN 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Aprilia, Nuraqila (Unknown)
Satriani, Satriani (Unknown)
Muliadi, Muliadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan status gizi siswa kelas tinggi SDN 13 Biru. Populasi seluruh siswa kelas tinggi dan jumlah sampel sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel random. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan pengukuran status gizi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat pendidikan orang tua siswa tertinggi yaitu perguruan tinggi sebanyak 30% dan tingkat pendidikan orang tua terendah yaitu SD sebanyak 10%. Status gizi siswa laki-laki berada pada kategori normal sebanyak 66,67% dan status gizi siswa perempuan berada pada kategori normal sebanyak 93,33%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang dengan status gizi siswa kelas tinggi sebesar 0,430 dan berada pada kategori sedang. Karena rhitung 0,430 ≥ rtabel 0,361 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan status gizi siswa kelas tinggi SDN 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Status Gizi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...