Global Journal Basic Education
Vol 4 No 1 (2025): Februari

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MAPEL BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN (DISCOVERY BASED LEARNING) DI KELAS 1 SDIT DARUL HIKMAH JAKARTA

Ferhad, Yasmin (Unknown)
Wijaksana, Aris Hadiyan (Unknown)
Syawaluddin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran berbasis penemuan (Discovery Based Learning) di kelas I SDIT Darul Hikmah Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 16 siswi kelas I SDIT Darul Hikmah Jakarta pada tahun ajaran 2024–2025. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes, dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I, 8 siswa (50%) berhasil mencapai ketuntasan dalam pembelajaran membaca dengan rata-rata nilai kelas 60. Sebanyak 6 siswa (37,5%) berada pada kategori kurang, dan 2 siswa (12,5%) berada pada kategori sangat kurang. Sementara itu, pada siklus II, seluruh 16 siswa (100%) berhasil mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 85,625. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SDIT Darul Hikmah Jakarta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...