Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran berbasis penemuan (Discovery Based Learning) di kelas I SDIT Darul Hikmah Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 16 siswi kelas I SDIT Darul Hikmah Jakarta pada tahun ajaran 2024–2025. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes, dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I, 8 siswa (50%) berhasil mencapai ketuntasan dalam pembelajaran membaca dengan rata-rata nilai kelas 60. Sebanyak 6 siswa (37,5%) berada pada kategori kurang, dan 2 siswa (12,5%) berada pada kategori sangat kurang. Sementara itu, pada siklus II, seluruh 16 siswa (100%) berhasil mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 85,625. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SDIT Darul Hikmah Jakarta.
Copyrights © 2025