Global Journal Basic Education
Vol 4 No 1 (2025): Februari

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA BAMBOOZLE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Maulida, Annisa Maulida (Unknown)
Pagarra, Hamzah (Unknown)
Sayidiman, Sayidiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan media interaktif Baamboozle dalam proses pembelajaran, terutama yang berkaitan dengan partisipasi dan motivasi siswa. Baamboozle adalah platform kuis online yang telah berkembang menjadi pembelajaran yang menarik dan kompetitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dan pengamatan praktis penggunaan Baamboozle di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan Baamboozle secara aktif meningkatkan partisipasi siswa, memperkuat pemahaman material, dan menciptakan suasana yang lebih interaktif dan belajar bersama. Media ini juga mendukung berbagai pembelajaran karena dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat keterampilan siswa. Singkatnya, Baamboozle adalah media interaktif yang efektif, inovatif, untuk mendukung proses pembelajaran di era digital.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran Bamboozle dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis terhadap keberagaman simbol agama. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SD semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif bamboozle secara signifikan membantu pemahaman siswa melalui media game interaktif. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila yang lebih kontekstual dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...