Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2025): April - Juni

Optimalisasi Pengelolaan Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Atiqah Miftahul Huda (Unknown)
Anggun Ramadhani Putri Utami (Unknown)
Darma Mulya Eka Putri (Unknown)
Merika Setiawati (Unknown)
Hendri Budi Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Pengelolaan kurikulum yang efektif merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Artikel ini membahas pentingnya pengelolaan kurikulum yang optimal serta berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Optimalisasi pengelolaan kurikulum meliputi perencanaan yang komprehensif, pelaksanaan yang adaptif, dan evaluasi yang berkelanjutan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Pada tahap perencanaan, kurikulum harus dirancang dengan memperhatikan relevansi materi, kebutuhan siswa, serta tantangan zaman modern. Saat pelaksanaan, guru berperan sebagai fasilitator yang mendorong pembelajaran aktif, kreatif, dan kolaboratif. Sementara itu, evaluasi rutin berfungsi untuk mengukur efektivitas kurikulum, mengidentifikasi hambatan, dan merumuskan solusi agar proses pembelajaran tetap dinamis dan inovatif. Selain itu, optimalisasi kurikulum juga mencakup integrasi teknologi pendidikan Untuk mengakomodasi pembelajaran yang lebih mudah disesuaikan, personal, dan efektif. Penggunaan platform digital, metode pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan diferensiasi menjadi elemen penting Guna mewujudkan suasana belajar yang interaktif dan kolaboratif dan relevan. Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berkelanjutan juga memegang peranan esensial bagi tercapainya implementasi kurikulum yang efektif. Pengelolaan kurikulum yang terstruktur dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman materi. Dengan demikian, upaya pengoptimalan pengelolaan kurikulum tidak hanya membantu mencapai hasil belajar yang lebih baik, tetapi juga mempersiapkan peserta didik dengan kompetensi yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimp

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan ( E-ISSN : 3062-7788) adalah jurnal yang diterbitkan oleh CV. ITTC-INDONESIA. Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan ini memuat hasil penelitian yang berkualitas di bidang Manajemen Pendidikan baik pendidikan formal, informal dan Non- formal. Semua publikasi di jurnal ...