Al-Wasil: Journal of Arabic Education
Vol. 3 No. 1 (2025): June

استخدام الطريقة الصامتة لترقية الكفاءات العربية لدى طلاب المدرسة المتواسطة الإسلامية روضة الصبيان نهضة الوطن بلنجونج لومبوك الغربية

Kayasa, Putri Apriliyana (Unknown)
Nasarudin (Unknown)
Husnan (Unknown)
Syafii, Ahmad Helwani (Unknown)
Said, Khaerudin (Unknown)
Aqodiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode silent way dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab siswa di Mts Raudlatisshibyan NW Belencong Lombok Barat serta untuk mengetahui peningkatan efesiensi penggunaan metode tersebut. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda, lalu dalam uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya beda. Dalam penelitian ini untuk uji analisis data menggunkan uji t dan N gain, Berdasarkan hasil analisis data dan pengelolaan data menggunakan uji hipotesis (uji t) di peroleh Thitung> dari pada Ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, adapun penggunaan metode silent way menunjukkan adanya peningkatan di tandai dengan hasil N-Gain score yang dimana pengunaan metode silent way ini cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab pada siswa, hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan dan peningkatan pada penggunaan metode silent way terhadap kemampuan berbahasa arab siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alwasil

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

This journal focus on Arabic teaching and learning, including Teaching and Learning Arabic Strategy of Arabic Teaching and Learning Media of Arabic Language Teaching and Learning Technology of Arabic Language Teaching and Learning Modern Standard Arabic Language Teaching and Learning Second Language ...