Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2025): MARET

Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 35 Parepare

Abdul Halik (Unknown)
Abdul Hakim (Unknown)
Endang Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) yang dapat meningkatkan proses belajar dan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas V UPTD SD Negeri 35 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti pada penelitian ini berjumlah 29 orang yang terdiri dari 14 laki-laki, 14 perempuan, dan 1 orang guru. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I hasil penelitian menunjukkan proses pembe jaran berada pada kategori cukup (C), dan kemampuan membaca pemahaman siswa berada pada kategori cukup (C) dengan presentase 73%. Adapun pada siklus II menunjukkan proses pembelajaran berada pada kategori baik (B) dan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan presentase 81%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 35 Parepare.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...