Usaha Mikro Kecil dan Menengah harus memiliki daya saing supaya tetap bertahan. Salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing adalah menggunakan media pemasaran yang tepat yang menggabungkan antara media pemasaran offline (konvensional) dan online. Media pemasaran yang dimiliki oleh Usaha Mikro Kecil Menengah sebelumnya masih konvensional yaitu dilakukan secara offline, sehingga pertumbuhan pasarnya juga sangat lambat. Dalam era globalisasi dan digitalisasi yang pesat, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi tulang punggung ekonomi, memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi di banyak negara. Namun, UMKM sering kali menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan produk mereka. Perubahan perilaku konsumen yang beralih ke belanja online menunjukkan pentingnya adopsi teknologi digital bagi UMKM agar dapat bersaing dan bertahan di pasar yang semakin terkoneksi. Selain itu perkembangan peran UMKM yang besar ditunjukkan oleh banyaknya jumlah unit usaha serta kontribusinya dalam penyerapan tenaga kerja. Disamping memiliki peranan yang signifikan terhadap perekonomian, Di era globalisasi saat ini UMKM harus mampu menghadapi tingginya persaingan usaha dan tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, serta perluasan area pemasaran. Selain itu ada permasalahan klasik yang selalu dihadapi UMKM. Kata kunci: E-Commerce, UMKM, Pemasaran, Penjualan, Inovatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025