Kemampuan mengeja dalam bahasa Inggris merupakan keterampilan dasar yang penting dalam pengembangan literasi anak, termasuk keterampilan membaca dan menulis. Namun, banyak anak mengalami kesulitan dalam mengeja kata dalam bahasa Inggris karena perbedaan antara pelafalan dan penulisan kata. Selain itu, metode pembelajaran konvensional seringkali kurang menarik, sehingga anak-anak cenderung kehilangan motivasi dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkanlah "Spelling Bee Kids", sebuah aplikasi berbasis permainan edukatif dua dimensi yang dirancang untuk membantu anak-anak usia 6 hingga 10 tahun dalam meningkatkan keterampilan mengeja dan memperluas kosakata bahasa Inggris dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap utama, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test), observasi, serta analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan "Spelling Bee Kids" dapat meningkatkan keterampilan mengeja dan pemahaman kosakata anak secara signifikan. Berdasarkan perbandingan antara dua pie chart, terdapat peningkatan signifikan dalam persepsi siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris setelah menggunakan game edukatif ini. Sebelum penggunaan game, 38,5% siswa merasa sering mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran Bahasa Inggris, sementara setelah penggunaan game, 58,4% responden memberikan skor tertinggi (5) untuk aspek ketertarikan dan kemudahan penggunaan game. Selain itu, seluruh responden (100%) menyatakan bahwa game ini sesuai untuk anak usia 6–10 tahun dan fitur-fiturnya sudah lengkap. Observasi terhadap respons pengguna menunjukkan bahwa game ini mampu menarik perhatian anak-anak, meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024