Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan spiritualitas siswa sekolah dasar melalui lomba Anak Sholeh yang dilaksanakan oleh mahasiswa PGSD Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan SDN Banaran, Trenggalek. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif dan dokumentasi visual. Proses pengabdian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta melibatkan guru sebagai mitra aktif dalam membimbing dan menilai siswa. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari siswa, dengan jumlah peserta mencapai 97 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Cabang lomba mewarnai kaligrafi paling diminati, sedangkan sambung ayat memiliki peserta paling sedikit. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta memperkuat keterampilan pedagogis mahasiswa. Kesimpulannya, lomba Anak Sholeh terbukti efektif sebagai media pembinaan karakter religius dan kreativitas anak, sekaligus menjadi sarana pembelajaran praktik bagi mahasiswa calon guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025